Kumpulan Kata Kata Bahasa Jawa tentang Cinta Disertai Artinya

Kumpulan Kata Kata Bahasa Jawa tentang Cinta Disertai Artinya, Kumpulan Kata Jawa Romantis Tentang Cinta, Kumpulan Makna dan Arti Kata Bahasa Jawa. Pada artikel kami sebelumnya, kami telah berbagi kumpulan kata bijak bahasa jawa dari A sampai Z.
Zallegiance - Kumpulan Kata Kata Bahasa Jawa tentang Cinta Disertai Artinya, Kumpulan Kata Jawa Romantis Tentang Cinta, Kumpulan Makna dan Arti Kata Bahasa Jawa. Pada artikel kami sebelumnya, kami telah berbagi kumpulan kata bijak bahasa jawa dari A sampai Z. Kira kira artikel ini seperti apa ya. Pasti Anda semua semakin penasaran. Ayo lanjut dulu bacanya ya sampai bawah.

Kumpulan Kata Kata Bahasa Jawa tentang Cinta Disertai Artinya

Sobat pasti tahukan, kalau orang jawa adalah masyarakat paling banyak yang menduduki wilayah nusantara Indonesia. Mungkin karena saking banyaknya kali ya, jadi hampir dimana-mana ada orang jawa. Bahkan, orang jawa juga ada yang tinggal dan menetap di luar negeri loh. 

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional, walau demikian kita tidak bisa melupakan bahasa daerah lain yang juga menjadi salah satu keragaman daerah dan kekayaan bangsa Indonesia. Sehingga, apapun bahasa daerah yang kita miliki patutlah kita banggakan, lestarikan dan kita jaga dengan baik. Salah satunya adalah bahasa jawa, sudah pasti Anda punya teman atau tetangg orang jawa. Kalau kita bisa berbicara bahasa jawa walau kita bukan asli orang jawa, pasti ini luar biasa.

Apalagi kalau Anda punya pacar atau calon orang jawa. Biar gak garing kan Anda harus belajar sedikit sedikit tentang adat istiadat jawa, makanan khas jawa, serta kata kata bahasa jawa seputar cinta seperti yang kami bagikan pada kesempatan kali ini. Hmm, kira kira seperti apa ya kata kata bijak bahasa jawa yang akan Admin bagikan? Monggo disimak dibawah ini.

Aku tresno karo koe, Atinya Aku cinta kamu

Senajan koe ono seng due, aku tetep tresno karo koe. Artinya, meskipun kamu sudah ada yang punya, aku tetap cinta sama kamu.

Cinta dudu perkoro sepiro kerepe kowe ngucapke, tapi sepiro akehe seng mbok buktike. Artinya, Cinta bukan masalah seberapa katamu, tapi seberapa besar buktinya. 

Aku sayang kowe, opo aku kudu ngode kowe terus? Kapan pekamu? Artinya, Aku sayang sama kamu, aku harus kirim kode terus? Kapan kamu bisa peka (mengerti)?

Iseh tetep bertahan karo wong seng isohe mung nglarani kowe? Kuwi jenenge sayang? Opo ora isoh golek seng luwih seko kuwi?

Artinya, Masih bertahan dengan yang bisanya menyakiti kamu? Apakah itu yang dinamakan sayang? Apa tidak bisa mencari yang lebih dari pada itu?

Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu. Artinya, Cinta itu tidak berpatokan pada ganteng, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu.

Aku ra iso adoh karo kowe, amergo aku iki abot ninggalne awakmu. Iki lo sek jenenge sayang tenanan. Artinya, Aku tidak bisa jauh dari kamu, karena aku berat meninggalkanmu. Ini loh yang dinamakan sayang yang tulus.

Aku ra bakal mandek, ra bakal nyerah ngutarakne perasaanku karo kowe. Aku bakal embuktikne ketulusanku karo kowe. Artinya, Aku tidak akan pernah berhenti, tidak akan pernah menyerah mengutarakan perasaanku sama kamu. Aku akan membuktikan ketulusanku kepadamu. 

Wedok ayu kui dudu di delok soko putihe kulite, ayune raine, lan dudu seko kuru lan lemu awake. Artinya, Perempuan cantik itu tidak dilihat dari putihnya kulit, cantiknya paras, dan tidak dilihat dari kurus atau gemuknya badan.

Koe ra mudeng sayangku neng kowe gedene sepiro, kuwi luweh seko sayangmu neng de'e. Artinya, Kamu tidak tahu rasa sayang aku ke kamu itu sebesar apa? Itu lebih besar dari sayangmu kepada dia.

Aku ra bakal mekso awakmu gawe seneng aku, tapi aku bakal ngusahakne neng koe aku iki ora dolanan karo kowe. Artinya, Aku tidak akan pernah memaksa kamu untuk suka sama aku. Tapi aku bakal berusaha untuk membuktikan bahwa aku tidak pernah main-main dengan kamu.

Nak kelingan sliramu, gawe aku ra tau iso turu. Artinya, Kalau ingat tentang kamu, aku tidak bisa tidur.

Iseh kelingan rasane kepiya meluk awakmu, roso kui ra bakal iso lalu nganti mboh kapan. Artinya, Masih teringat saat aku memeluk kamu, perasaan ini tidak akan pernah hilang sampai kapanpun.

Senadyan mbokmu karo bapakmu ra ngijine hubungan awake dewe, aku bakal terus berusaha gawe kowe lan keluargamu setuju karo aku. Artinya, Walau ibu dan bapakmu tidak setuju dengan hubungan kita, aku bakal berusaha untuk membuat keluargamu setuju dengan aku.

Ojo ngasi koe ngapusi aku, opo meneh uger dolanan karo hubungan awake dewe. Artinya, Jangan pernah kamu membohongi aku, apa lagi cuma main-main dengan hubungan yang kita jalani saat ini.

Omah-omah itu urusan abot, ora ger masalah nang KUA utowo nyewo tukang rias. Omah-omah itu gawe sak lawase. Artinya, Berumah tangga itu urusannya berat, bukan cuma tentang KUA atau sewa tukang rias pengantin.

Ati iki nelongso ditinggal marang sliramu, Artinya Hati ini terluka saat kamu tinggalkan.

Rino wengi aku tansah kelingan marang sliramu, Artinya, Siang dan malam aku selalu terbayang dirimu.

Mung sliramu tansah tak enteni nganti saiki. Artinya, Cuma kamu yang aku tunggu sampai sekarang.

Ra kepetuk sak wetoro rasane pengen weruh sliramu. Artinya, Tidak bertemu sebentar saja, aku selalu ingin bertemu kamu.

Jeroning ati kangenku setengah mati. Artinya Didalam hatiku sangat merindukan kamu sampai setengah mati.

Trisno iki dudu mung nggo dolanan, kabeh mau amergo kahanan. Artinya, Cinta ini bukan permainan, tapi karena keadaan.

We kadong jero roso kangen iki marang manis esemu abang lambemu koyo manggis. Artinya, sudah terlalu dalam rasa rindu ini sama manisnya bibirmu yang manis seperti manggis.

Itulah kumpulan kata kata bahasa jawa tentang cinta dan artinya yang dapat Admin bagikan pada kesempatan kali ini. Namun, kami akan terus berusaha untuk memberikan update terbaru kata kata bahasa jawa lainnya seputar kehidupan sehari-hari yang tentunya tidak kalah menariknya dari artikel ini. Jika menurut Anda ada yang kurang pas baik dalam penulisan dan arti dari bahasa jawa ini, silahkan koreksinya diberikan kepada kami melalui komentar dibawah ini. Baca juga artikel dari kami yang tidak kalah menariknya :